Untuk menumbuhkan kesadaran diri yang ada pada diri kita membutuhkan sejumlah jenis kecerdasan yang bekerja secara menyeluruh yang mana kecerdasana ini merupakan anugerah yang hanya ada pada manusia. Kesadaran ini pada dasarnya merupakan istilah lain bagi ruang antara stimulus dan respons. Ruang di mana kita bisa berhenti dulu sejenak lalu membuat sebuah pilihan atau keputusan.
Melalui upaya kita untuk memahami dan menyadari asumsi, teori, dan paradigma kita yang mendasar secara eksplisit adalah bagian proses bagi pencapaian kesadaran diri dan hal ini merupakan salah satu aktivitas yang memberikan efek pelipatgandaan terbesar yang bisa kita lakukan. Selama ini, dalam ketidaksadaran kita, sering kali membuat berbagai macam asumsi, teori maupun paradigma namun tidak eksplisit.
Kita perlu sadar akan hal itu dan kesadaran akan semua asumsi hingga paradigma itu ke alam bawah sadar, secara eksplisit setara dengan kemampuan kita untuk melakukan lompatan kuantum yang luar biasa besarnya dan untuk mencapai kesadaran diri kita perlu meminta umpan balik dari orang lain. Perlu dipahami bahwa kita memiliki titik-titik buta (blind spots). Sebagian dari titik-titik buta itu benar-benar bisa melumpuhkan efektivitas kita.
Namun, jika kita mengembangkan kebiasaan, baik secara informal maupun formal, untuk meminta umpan balik dari orang lain, akan mempercepat laju pertumbuhan dan perkembangan diri kita. Kebiasaan ini, kata Stephen Covey, akan mirip dengan melakukan riset pasar dan membandingkan diri dengan mereka yang unggul di tingkat pada bidang tertentu. Proses semacam ini sering memberikan informasi mengenai tink-titik buta yang juga tidak dapat dilihat oleh orang lain. Banyak orang melihat doa, meditasi, dan kontemplasi serta shalat (dalam Islam) sebagai jalan untuk memahami pengarahan dari nurani dan untuk melihat kehidupan sebagai sebuah misi, sebuah tanggung jawab dan peluang untuk berkontribusi. Doa juga bisa memberikan kekuatan dan keberanian untuk melangkah mundur, mengakui kesalahan kepada orang lain, minta maaf, memperbarui komitmen, dan kemudian kembali ke jalur untuk maju.
edit post

Comments

0 Response to 'Menumbuhkan Kesadaran Diri'

My Pictures